Sunday, June 10, 2012

UMMAT

MUBES (MUSYAWARAH BESAR)
UMMAT (UKHUWAH MAHASISWA MUSLIM MATEMATIKA) III
Sabtu, 9 Juni 2012 di Ruang Baca Masjid Baiturrahman Unimed



"Dari Abdullah bin Umar ra. bahwasanya Rasulullah saw bersabda: “setiap kamu adalah pemimpin yang akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya. Seorang amir yang mengurus keadaan rakyat adalah pemimpin. Ia akan dimintai pertanggungjawaban tentang rakyatnya. Seorang laki-laki adalah pemimpin terhadap keluarganya di rumahnya. Seorang wanita adalah pemimpin atas rumah suaminya. Ia akan diminta pertanggungjawaban tentang hal mereka itu. Seorang hamba adalah pemimpin terhadap harta benda tuannya, ia kan diminta pertanggungjawaban tentang harta tuannya. Ketahuilah, kamu semua adalah pemimpin dan semua akan diminta pertanggung jawaban tentang kepemimpinannya."
UMMAT (Ukhuwah Mahasiswa Muslim Matematika) adalah salah satu organisasi islam eksternal di jurusan Matematika Unimed. Ummat lahir tahun 1997 dan belum diketahui secara pasti tanggal dan bulan berapa pembentukannya. Ummat mengedepankan ukhuwah yang seyogyanya terjalin rapi dengan seluruh anggota Ummat yaitu seluruh mahasiswa/I muslim matematika Unimed. Mubes Ummat III (baca: musyawarah besar ukhuwah mahasiswa muslim matematika ke-3) ini secara struktural merupakan pertanggungjawaban ketua umum ummat terhadap loyalitasnya kepada anggota Ummat dan Ummat itu sendiri. Dikatakan musyawarah besar karena musyawarah ini menjadi saksi bisu bagaimana kepengurusan sebelumnya mempertanggungjawabkan kinerja selama satu periode terakhir dan menetapkan ketua umum terpilih untuk satu tahun kedepannya. Inilah amanah besar dari musyawarah besar Ummat III.

Pada hakikatnya pertanggungjawaban ini bukan saja kepada anggota Ummat dan Ummat itu sendiri tetapi kepada Sang Pemberi Ukhuwah, Allah subhanahu wata’ala. Dia-lah yang meringankan langkah kaki-kaki kita menuju musyawarah ini dan Dia-lah yang meneguhkah hati kita menuju perbaikan Ummat. Ukhuwah dalam konsep islam yaitu yang pertama adalah ta’aruf (saling mengenal) sekiranya dapat menjadi pagar ayu untuk mendekatkan Ummat pada anggotanya, lalu dilanjutkan ddengan tafahum (saling memahami), ta’awun (saling menolong), takaful (senasib sepenanggungan) dan pada level tertinggi adalah itsar (mendahulukan kepentingan orang lain dibanding kepentingan sendiri). Semoga dengan keberlanjutan penerus yang terus melakukan perbaikan ini akan meningkatkan level-level ukhuwah kita, khususnya ukhuwah di jurusan matematika. Aamiin.

Dengan mubes ini diharapkan Ummat terus mencetak pemimpin-peminpin yang arif dan bijaksana dalam mengambil keputusan untuk kebaikan bersama. Pemimpin yang baik sesungguhnya pelayan bagi anggotanya.
Seperti dikutip dalam hadits ma’qil bin Yasar, dari hasan bahwasanya Ubaidillah bin yazid mengunjungi Ma’qil bertanya kepadanya: bahwasanya saya akan ceritakan kepadamu suatu hadits yang saya dengar dari Rasulullah saw saya mendengar nabi saw bersabda: “tidak ada seorang hamba yang diberi tugas oleh Allah untuk memelihara segolongan rakyat, lalu ia tidak melakukan sesuai dengan petunjuk, melainkan ia tidak memperoleh bau saya”.

Ummat Unimed memiliki cita-cita besar dalam mewujudkan kesadaran akan pentingnya ukhuwah. Ummat membutuhkan pemimpin-pemimpin yang memiliki jiwa besar untuk berani tampil sebagai pendobrak di masa sekarang.
Barakallah atas terpilihnya akhina “Rikky Ardiansyah Lubis” sebagai ketua umum Ummat periode 2012-2013. Semoga Ummat menjadi lebih bermanfaat dibawah pimpinan Rikky Ardiansyah Lubis.



2 comments:

Menjadi Secantik Aisyah r.ha © 2008 Por *Templates para Você*